Selasa, 29 November 2011

10 Hal Terunik di Dunia

1. Sapi yang nonton TV, Rusia
Di Rusia, ada sebuah pertenakan sapi yang malahan memberikan televisi layar lebar LCD kepada ternak-ternak sapinya. Diputarnyalah tayangan-tayangan yang membuat ‘jiwa para sapi menjadi tenang’, tapi apa hasilnya? Hasilnya nihil,sapi-sapi tetap cuek, tidak ada perubahan. Happy cows yang tadinya ingin dihasilkan tdk terbukti. Berikut ini gambar kandang sapi paling elit di dunia yang dilengkapi dengan layar LCD TV :

2. Bus dengan konsep Green Roof, New York – USA
Fungsi dari “atap hijau” atau yang kita kenal dengan “Green Roof” memang sudah terbukti bisa mengurangi panas di dalam rumah/ gedung serta bisa menyerap polusi atau udara kotor. Seorang mahasiswa bernama Marco Castro Cosio punya ide cukup “gila” tetapi sepertinya bagus yaitu bagaimana memanfaatkan “green roof” tersebut diatas sebuah bis.

Memang sih tujuan utamanya bukan ke arah bagaimana membuat bis lebih sejuk melainkan bagaimana menambah area hijau di kota New York yang sudah semakin sempit. Sehingga bisa dibayangkan kalau di New York itu ada sekitar 4.500 bis dan setiap bis punya “lahan” di atapnya sekitar 31,5 m2, maka kalau ini diterapkan di semua bis yang ada, area hijau di New York akan bertambah menjadi sekitar 142.000 m2, lumayan bukan? Memang bukan hal mudah untuk menerapkan yang satu ini tetapi ide dari Marco ini sudah diuji coba di sebuah bis walaupun hanya diletakkan di bagian belakang saja.

3. Burj Khalifa (Gedung tertinggi di dunia), Dubai
Sejak zaman firaun membangun pyramid sampai bung Karno membangun Monas, bangunan tinggi telah menjadi sebuah fenomena bagi sebuah bangsa untuk menunjukkan pencapaian peradabannya. Januari 2010, di Dubai, UAE, telah diresmikan gedung tertinggi di dunia. Burj Dubai atau nama resminya Burj Khalifa (burj; menara, khalifa; nama presiden UAE), tingginya 800 meter lebih, jauh lebih tinggi daripada gedung tertinggi sebelumnya yaitu Taipeh 101, di Taiwan, Sedangkan biaya pembangunannya sendiri spektakuler, yaitu hampir 1,5 miliyard USD.

4. Bangunan dari kontainer sarat ramah lingkungan
eCORRE (Environmental Center of Regenerative Research & Education) adalah sebuah gedung ramah lingkungan yang didisain oleh APHIDoIDEA yang menggunakan 65 buah kontainer dan terletak di Long Beach. Bangunan yang ditujukan untuk dunai pendidikan ini punya banyak hal dan bisa dijadikan contoh penting untuk membuat rumah, kantor atau gedung yang ramah lingkungan.

Bukan saja karena bahannya yang menggunakan kontainer tetapi banyak hal lain yang berbau ramah lingkungan seperti penggunaan energi surya (solar energy), Water collection (rain harvesting), atap hijau (green roof) sampai passive cooling techniques yaitu metode pendinginan ruangan tanpa AC serta grey water. 65 kontainer ini dipasang secara bertumpuk dan ruangan yang tercipta digunakan untuk keperluan belajar, kantor dan amphitheater.

5. Hape terbesar di dunia, Samsung
Hape terbesar di dunia yang tercatat di Guinness World Records ternyata diproduksi oleh Samsung. Perusahaan HP asal Korea ini bekerja sama dengan penyedia layanan jasa Amerika, Cricket Communications, untuk mewujudkan proyek yang telah diresmikan pada 11 maret 2009 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. HP bernama Samsung SCH-r450 ini memiliki ukuran 4,57 x 3,42 x 0,74 m. Ukuran ini lebih besar 2 kali lipat dibandingkan juara dunia sebelumnya di tahun 2007, Sony Ericsson W801i, yang berukuran 2,50 x 1,14 x 0.49 m. Tidak sekedar besar, HP ini juga dapat berfungsi layaknya HP berukuran normal yang dapat digenggam. Bisa untuk menelepon, SMS, dan fungsi lain seperti HP normal. Tapi suaranya bisa sekencang apa ya jika HP-nya sebesar ini?

6. Kapadokya (apartemen kuno), Turkey
Di negara Turkey terdapat rumah dari ratusan rumah yang terdiri dari kamar-kamar yang bersambung dan bersama-bersama. Area-areanya dipisahkan oleh koridor sempit, penduduk memulai pendudukan di permukaan dan akhirnya pindah ke bawah tanah. Semua bangunan ini terbuat dari pahatan pada bukit yang merupakan sistem tua (apartemen) dari kota bawah tanah yang berumur lebih dari 2500 tahun.

7. Mount Roraima (gunung meja), Amerika Selatan
Sebuah “gunung meja” ditemukan di dataran tinggi Guyana di Amerika Selatan. Tepui yang tertinggi (2772 m/9094ft) dan paling terkenal adalah Gunung Roraima. Karena gunung benar-benar diisolasi dari tanah hutan, hampir sepertiga dari spesies tanaman hidup di Roraima berevolusi di sana menjadi bentuk yang unik di dataran tinggi. Gunung Roraima telah dibuat terkenal pada tahun 1912 ketika Sir Arthur Conan Doyle menulis novel fiksi yang berjudul The Lost World. Dia menggambarkan pendakian gunung Roraima oleh sebuah ekspedisi untuk mencari tanaman prasejarah dan dinosaurus yang ternyata mereka hidup terisolasi dan tidak berubah selama jutaan tahun di puncak gunung.

8. Jembatan akar, Sumatra Barat - Indonesia
Siapa yang datang ke objek wisata jambatan aka (jembatan akar) ini pasti akan berdecak kagum. Siapa yang tidak kagum dengan dua pohon yang akarnya dihubungkan antar tebing sungai dan menjadi sebuah jembatan yang bisa dilalui oleh 10 orang. Inilah dia objek wisata andalan Kabupaten Pesisir Selatan yang merupakan salah satu jembatan yang terunik di dunia. Jembatan yang kuat ini menjadi penghubung dua daerah antara Jorong (dusun) Puluik-Puluik dan Lubuak Silau, Desa Lubuak Silau, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

9. Maeklong market (pasar terekstrim), Thailand
Maeklong Market di Bangkok bisa jadi adalah gambaran pasar di negara berkembang. Betapa tidak? Lokasi pasar ini sangat dekat dengan rel kereta api. Bahkan tak jarang dagangan juga digelar tepat di bagian relnya. Padahal setiap hari kereta api bisa hilir-mudik di tempat tersebut selama delapan kali.

Karena pemerintah Thailand tak memiliki kebijakan untuk memindahkan lokasi pasar, maka pemandangan di Maeklong Market pun menjadi unik, setidaknya bagi warga asing yang sedang berkunjung ke Bangkok. Tips untuk berkunjung ke pasar ini,berhati-hatilah terhadap kereta yang datang saat sedang berbelanja. Walau sejauh ini tak ada kecelakaan berarti, tapi kewaspadaan tetap harus dipelihara.

10. Kembar siam terunik
Abigail dan Brittany Hensel lahir di Minnesota, 7 Maret 1990. Mereka memiliki satu tubuh, tetapi mereka memiliki 2 kepala. Kepala yang kiri (Brittany) mengoperasikan bagian tubuh (Tangan, kaki, dan leher) di sisi yang kiri, sedangkan kepala yang kanan (Abigail) mengoperasian bagian tubuh yang kanan. Brittany merasakan bagian tubuh yang kanan, dan Abigail merasakan bagian tubuh yang kiri.

***

Demikianlah 10 hal terunik yang bisa di sampaikan dalam tulisan ini. Semoga bisa menjadi wacana baru dalam menambah wawasan dan keilmuan. Sekali lagi, ini bukanlah yang terlengkap karena masih banyak lagi hal-hal yang luarbiasa dan unik di luar sana. Jika Anda mau mengulik lebih jauh pasti Anda pun akan menemukannya, bahkan yang lebih unik dari tulisan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Your IP and Google Map location